Silaturahmi HMI MPO dengan Kapolda Sulteng
Pertemuan dengan Kapolda Sulawesi Tengah, Brigjen Pol Dewa Parsana diawali dengan perkenalan rombongan dipimpin oleh Sekertaris Umum HMI Cabang Palu. Pembicaraan selanjutnya dilanjutkan oleh Ketua Umum HMI Cabang Palu, dengan memberikan ucapan selamat kepada Kapolda yang baru menjabat sekitar 1 bulan.
Menurutnya, kunjungan Audiensi tersebut untuk mempererat hubungan Silaturrahim kaitannya dengan peran organisasi kepemudaan khususnya HMI dalam upaya menciptakan masyarakat berbudaya dan berkeadilan. Sekaligus menyampaikan agenda HMI yaitu Intemediate Training (LK II) HMI Se Indonesia Bagian Utara yang akan dimulai pada hari sabtu (5-16/02/11) dimana pada kegiatan itu turut Kapolda sebagai salah satu pemateri dalam kegiatan tersebut.

Dialog berlangsung semakin serius saat Mantan ketua HMI Cabang Palu periode 2009/2010 Irwan B Lapa mendiskusikan tentang kondisi kekinian beberapa kasus hukum di beberapa daerah dalam propinsi Sulawesi Tengah, diantaranya kasus pelanggaran HAM di Buol, kasus lingkungan tambang Poboya dan kekerasan antar warga yang terjadi di daerah Pasar Masomba Palu beberapa waktu yang lalu.


Sementara itu Sekretaris BADKO HMI INBAGTAR, Ruslan Husein menyampaikan beberapa hal terkait paradigma gerakan HMI saat ini. Diantaranya beliau menyampaikan bahwa HMI sebagai salah satu lembaga eksternal kampus tertua di Indonesia, saat ini gerakannya lebih bersifat "Kritis Konstruktif". Artinya HMI secara kelembagaan akan mendukung jika kebijakan-kebijakan pelaksana kekuasaan negara termasuk kepolisian berjalan sesuai dengan nilai-nilai hukum dan keadilan. Namun HMI juga akan mengkritik jika ada kebijakan yang bertentangan dengan nilai-nilai keadilan, sekaligus memberikan gagasan-gagasan konkrit dan solutif.
Selain itu Ruslan juga mencoba menggagas upaya kerjasama kemitraan antara HMI dan Kapolda Sulteng dalam melaksanakan program-program pemberdayaan bagi masyarakat.

Kapolda Sulawesi Tengah, Brigjen Pol Dewa Parsana secara pribadi dan institusi sangat senang menerima kunjungan HMI Cabang Palu ini dan mengapresiasi positif beberapa kritik dan saran yang telah disampaikan. Dari itu Kapolda berharap agar ini memberi dampak postif terhadap pesta demokrasi Pemilukada yang akan di gelar 6 April 2011, untuk masyarakat Sulteng senantiasa menjaga perdamaian dan keamanan.
Lebih lanjut Kapolda menjelaskan penanganan kasus-kasus konflik di Sulawesi Tengah, diantaranya Kasus kekerasan di Buol, kasus lingkungan di Tambang Poboya dan Kasus etnis di Masomba serta kasus SMS yang meresahkan warga.
Selanjutnya Kapolda menjelaskan mekanisme PROTAP 01 terkait dengan penanganan unjuk rasa, yang banyak belum dipahami oleh masyarakat umum. Berikutnya Kapolda mengapresiasi upaya kemitraan antara HMI dan Institusi Kepolisian dalam program-program non Hukum, diantaranya tawaran HMI dalam penanganan masyarakat pasca konflik dan pengembangan SDM serta pembentukan kelompok DAI HMI untuk kegiatan tertentu melalui dakwah, ini ada hubungannya dengan penataan kembali hubungan komunikasi POLDA dengan masyarakat dalam waktu dekat termasuk HMI sendiri, paparnya.
Mahadin Hamran saat berbincang dengan Kapolda Sulteng Brigjen Pol Dewa Parsana

0 komentar:

Posting Komentar